Kamis, 24 Februari 2011

Sebutkan macam-macam perulangan dalam pascal!

1. Sebutkan macam-macam perulangan dalam pascal!
2. Tuliskan bentuk umumnya!
3. Buatlah program sederhannya menggunakan while!
Jawab:

1.– for…to…do
- While…do
- Repeat…until

2.For…to…do = for…:=…to…do
Begin
…;
…;
End.
While…do = while … do
Begin
…;
…;
End;
Repeat…until = repeat
Begin
…;
…;
End.

3.Program while 1;
Uses Crt;
X:char;
Begin
Clrscr;
While 10 to 15 do
X=15
Writeln (‘nilai x adalah ;X);
Inc (x);
Readln;
End;

apa yang dimaksud dengan procedure & tuliskan bentuk umumnya!

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan procedure & tuliskan bentuk umumnya!
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan function & tuliskan bentuk umumnya!
3. Buat program sederhana tentang function!
Jawab:

1.Procedure adalah bagian program yang beisi serangkaian langkah-langkah terntentu, jika kita ingin mengubah bagian program menjadi beberapa procedure, maka setiap bagian dalam program tersebut diubah menjadi sebuah procedure
Bentuk umum:
Procedure nama procedure;
Begin

… perintah / pernyataan

End;

2. Function adalah program yang manghasilkan sebuah nilai
Bentuk umum:
Program nama program;
Var hasil, b=real;
Function A (x:real): real;
Begin
Pernyataan
A:=ekspresi
End;
Begin program utama


Hasil:=A(b);
End;

3. Function jumlahkan (A,B:real):real;
begin
jumlahkan:=A+B
end;

devinisi tentang array dan pendeklarasian array!
1. Jelaskan devinisi tentang array dan pendeklarasian array!
2. Sebutkan macam-macam array dan sebutkan bentuk umumnya!
3. Buatlah program sederhana dengan menggunakan array!
Jawab:
1.Array adalah variable berindeks, dimana setiap index tersebut memiliki nili masing-masing.

Array berbeda dengan variable biasa, variable biasa hanya memiliki sati tempat, sedangkan array bisa memiliki beberapa tempat, tergantung dari pendeklarasiaanya. Array dideklarasikan setelah reserved word var, karena array juga termasuk variable.
contoh pendeklarasian array:
var nama array : array () of ;

2. Berikut adalah macam-macam array, dan bentuk umunya:

-Array type index:
Var nama array : array () of ;

-Array dengan jangkauan byte:
Var : array (byte) oh\f ;
Jangkauan byte adalah dari 0 sampai dengan 225. Jadi, deklarasi diatas sama saja dengan:
Var : array (0…225) of ;

-Array dengan jangkauan Boolean:
Var : array (Boolean) of ;
Deklarasi diatas hanya memiliki 2 buah nilai array saja, yaitu true dan false.

-Array dengan jangkauan karakter:
Var : array () of ;
Karakter, di dalam memory, memiliki nilai masing-masing.

-Array dengan jangkauan index scalar (enumerated):
Var : array () of ;

Contoh:
Var hari : array (sen, sel, rab, kam, jum, sab, ming) of integer;
Selain itu, pendeklarasian diatas juga dapat ditulis:
Type nmhr = (sen, sel, rab, kam, jum, sab, ming);
Var hari : array (nmhr) of integer;

3. Kode programnya:
Program pengurutan;
Uses crt;
Var a,b,c,d,ejml, jml2slh,pjg : integer;
C : real;
Angks : array (1..100) of string;
Agkr : array (1..100) of real;
Pjgkm : array (1..100) of integer;
Krt,hal : string;
Procedure judul;
Begin
Window(1,1,80,50);
Textbackground(white);
Textcolor(black);
Clrscr;
gotoXY(25,2); write (‘P E N G U R U T A N A N G K A’);
gotoXY (23,3); write (‘------------------------------‘);
end;
procedure input;
begin
gotoXY(19,5); write (‘berapa angka yang akan anda masukkan?’);
readln(jmlh);
for a :=1 to jmlh do
begin
gotoXY(30,7); write (‘angka ke-‘,a,’:’); readln (agks[a])
var(agks[a],agkr[a],slh); pjg: length (agks[a]);
for b :=1 to pjg do
begin
krt := copy(agks[a],b,1);
if (krt=’,’) of (krt=’,’) then
begin
pjgkm[a] := pjg-b;
end;
end;
gotoXY(1,7); clrscr; writeln; writeln;
end;
end;
procedure urut;
begin
jml2:=jml;
while jml2 <> 0 do
begin
jml2:=jml2-1;
for e := 1 to jml2 do
begin
if agkr [e];
begin
c :=agkr [e]; d:[jgkm[e];
agkr e :=agkr [e+1] pjgkm[e]:= pjgkm [e+1];
agkr[e+1]:=c; pjgkm[e+1]:=d;
end;
end;
end;
end;
procedure tulis;
begin
for a := 1 to 80 do write (‘=’);
for a := 1 to jml do
begin
str(agkr a :1:pjgkm[a], hal);
write (hsl:18,’I’);
if (a mod 4) = 0 then
begin
for b := 1 to 80 do write (‘=’);
end;
end;
if (jml mod 4)><0 then begin writeln; for a :=1 to (jml mod 4) * 20 do write (‘=’); end; end; begin clrscr; judul; input; urut; tulis; gotoXY(30,((jml div 4)+1)*2+1); write (‘T E K A N E N T E R’); readln; end; apa yang dimaksud dengan file pada pascal! 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan file pada pascal! 2. Tuliskan pendeklarasian file tersebut! 3. Buat program sederhan tentang file! Jawab: 1. File pada pascal biasanya berbentuk serupa dengan file yang mempunyai variable untuk penangananya. 2. Var (file variable): file of (type) 3. Type recmhs = record Nama : string 80; Npm : string 8; Nilai : integer; End; Untuk menyiapkan file tersebut digunakan perintah: Write (file variable), recmhs; Apa yang dimaksud dengan pointer di dalam pascal? 1. Apa yang dimaksud dengan pointer di dalam pascal? 2. Buat program sederhana tetang pointer! Jawab: 1.Pointer adalah tipe yang berisi alamat, memory dan berlambang 2.PtrByte =^Byte; PtrWord = ^word; PtrIdent = ^IdentRec; RecIdent = ^IdentRec; RecIdent = record Ident : string [15]; Ref count :word; Next : IdentPtr; End; Apa yang dimaksud record dalam pascal? 1. Apa yang dimaksud record dalam pascal? 2. Tuliskan bentuk umu record! 3. Buat program sederhana tentang record! Jawab: 1.Record adalah suatu struktur yang berisi sejumlah komponen yang dinamakan field, setiap field bisa berbeda typenya. Setiap field harus memiliki nama yang berbeda untuk memungkinkan pemilihan field secara acak 2. Type Variable = record …field = type data …field = type data …field = type data End. 3. Type Hasil = record Jari-jari = real; Keliling = real; Luas = real; End. Var Lingkarang = hasil; Begin Write (jari-jari lingkaran?); real readln (lingkaran.jari-jari); Lingkaran.keliling :=2 * Pi * lingkaran.jari-jari; Lingkaran.luas := Pi * sqr (lingkaran jari-jari); Writeln; Writeln (‘keliling lingkaran =’, lingkaran.keliling:7:2); Writeln (‘luas lingkaran =’, lingkaran luas :7:2); End. Diposkan oleh Nurul Rizki Satria di 21:35 0 komentar Label: Praktikum Apa yang dimaksud server perulangan pada VB (Visual Basic)? 1. Apa yang dimaksud server perulangan pada VB? 2. Jelaskan server perulangan: - For next - Do while - Do until 3. Jelaskan kegunaan dari: - Text Box - List Box - Combo Box Jawab: 1.Statement perulangan di dalam pemrograman sangat di perlukan untuk mengulang perntah-perintah yang sama bebrapa kali dalam satu program. Pengulangan proses pada pemrograman Visual Basic disediakan dalam 5 statement a. Do while/loop b. Do until/loop c. Do loop/while d. Do loop/until e. For next 2.– for next : statement perulangan ini akan terus berulang sampai dengan nilai a lebih besat atau sama dengan b -Do while : mengulang sejumlah statement dalam satu blok bernilai benar, dengan kata lain kondisi pertama yang detemui harus bernilai benar atau true agar proses pengulangan dikerjakan -Do until : mengulang sejumlah statement dalam satu blok sampai kondisi yang diberikan terpenuhi atau bernilai benar, dengan kata lain kondisi pertama yang ditemui harus bernilai salah atau false agar proses pengulangan dikerjakan. 3. – text box : digunakan untuk menampilkan informasi yang akan ditulis pada saat dijelaskan oleh pemakai atau ditetapkan di dalam kode program. Tulisan yang tampak dapat di ubah - List box : menampilkan daftar item dimana pemakai dapat memilih satu item atau lebih. Jika jumlah item melewati jumlah item yang dapat di tampilkan scrollbar secara otomatis akan ditambahkan pada control tersebut. - Combo box : serupa dengan List Box, perbedaanya antara Lis Box dengan Combo Box adalah adanya text box diatas list box dan hanya dapat menampung satu item yang dipilih. Diposkan oleh Nurul Rizki Satria di 21:34 0 komentar Label: Praktikum Apa yang dimaksud dengan menu Pull UP dan Pull Down? 1. Apa yang dimaksud dengan menu Pull UP dan Pull Down? 2. Jelaskan yang dimaksud dengan Array dan sebutkan bentuk umumnya! 3. Apa yang kalian ketahui tentang Visual data manager? Jawab: 1.Pull Up adalah menu yang sering di gunakan untuk menampilkan dengan cepat daftar perintah pada layer. Menu Pull Up biasanya di program untuk muncul saat pemakai menekan tombol mouse sebelah kanan. Pull Down adalah dengan memilih Pull Down akan tampil jika memilih salah satu judul menu 2.Array adalah kumpulan, dalam hal ini digunakan sebagai penyimpan kumpulaan data. Kita juga bisa menerapkan Array pada variable sehingga sebuah variable bisa menyimpan banyak data sekaligus. Dimana variable (jumlah elemen) As tipe data. 3.Visual Basic sudah menyediakan add-in untuk kita gunakan dalam mangatur database yang disebut dengan Visual Data Manager. Fasilitas ini sederhana untuk digunakan dan dapat membuat database yang kompetible dengan Microsoft Jet atau acces Data engine. Diposkan oleh Nurul Rizki Satria di 21:33 0 komentar Label: Praktikum operator yang ada didalam Visual Basic! 1. Sebutkan operator yang ada didalam Visual Basic! 2. Jelaskan Operator String yang ada di Visual Basic! 3. Apa perbedaan Cheek box dan optional button? Jawab: 1. Operator adalah sebuah tanda yang digunakan untuk mengoperasikan secara matematis - ^ : pemangkatan - * dan / : perkalian dan pembagian - \ : pembagian bulat - MAD : sisa hasil bulat - + dan - : penambahan dan pengurangan 2.Fungsi Left: harus di sisa expresi string yang karekternya akan di ambil mulai dari kiri , jadi string berisi Null, maka nilai yang di kembalikan adalah Null Fungsi LEN: sembarang expresi string yang valid jika string berisi Null, maka nilai / hasil aakan Null Fungsi MID : harus diisi dengan expresi string yang karakternya akan diambil, jika string berisi Null, maka nilai yang dikembalikan adalah Null 3.Cheek box : digunakanuntuk member beberapa pilihan dari sebuah daftar yang diisikan, anda diperbolehkan memilih dari daftar yang di tampilkan. Option button : akan menampilkan daftar pilihan dalam satu kelompok pilihan, pemakai deberikan kesempatan untuk memilih salah satu kelompok dari daftar tersebut Diposkan oleh Nurul Rizki Satria di 21:32 0 komentar Label: Praktikum Apa yang anda ketahui tentang Q-Basic? 1. Apa yang anda ketahui tentang Q-Basic? 2. Sebutkan kemampuan Basic! 3. Sebutkan statement-stetement perintah yang ada di dalam Q-Basic! 4. Sebutkan variable yang terdapat pada Q-Basic! 5. Sebutkan operator yang ada di dalam Q-Basic! Jawab: 1.Q-Basic adalah sebuah bahasa permrograman yang merupakan bahasa basic model baru 2.– kecepatan proses yang tinggi -penanganan menu yang bagus - editor yang nyaman karena kenyamanan wordstar - struktur program yang hampir sama dengan turbi pascal. 3. – simple statement - selection statement - interaction statement 4.–variabel numeric - variabel string - variable array 5. – oerator aritmatik - operator penugasan - Operator logika - Operator relasi - Operator pointer - Operator string - Operator fungsional Diposkan oleh Nurul Rizki Satria di 21:31 4 komentar Label: Praktikum bentuk umum dari perintah-perintah kondisi! 1. Tuliskan bentuk umum dari perintah-perintah kondisi! 2. Sebutkan perintah-perintah kondisi dalam Q-basic! 3. Sebutkan dan tuliskan bentuk ini statement perulangan dalam Q-basic! Jawab: 1.- If condition then statement - If condition else statement - If condition then statement 1 else statement 2.– if then - If else - If then else - 3.– for next -Go to -While do -Do while Bentuk umum : - if condition next statement - if to statement - while condition do - do condition while Diposkan oleh Nurul Rizki Satria di 21:29 0 komentar langkah-langkah membuat animasi pada tombol pada Flash! 1. jelaskan langkah-langkah membuat animasi pada tombol pada Flash! 2. Jelaskan cara menggunakan action script pada flash! Jawab: 1.Pada file animasi, buat layer baru, beri nama control, pilih windows > common libraries > button, pada jendela libraries buttons, pilih plau\y back rouded > rounded green play, lalu klik mouse dan geser gambar pada tombol yang muncul distage, dan atur letaknya disamping tombol play
2.Dari menubar pilih windows . action, lalu seleksi objek/frame, kemudian klik gambar panah di launcher bar yang berada di bagian kanan bawah stage, lalu klik dua kali pada frame.
Diposkan oleh Nurul Rizki Satria di 21:29 1 komentar
Apa yang anda ketahui mengenai Frame by frame
1. Apa yang anda ketahui mengenai:
a. Frame by frame
b. Motion tween
c. Motion guide
d. Perubahan warna
e. Objek berputar
f. Shape tween
g. Mask
2. Tuliskan langkah-langkah mengatur frame rate!
3. Bagaimana cara menggunakan orient to path?
Jawab:
1.a. frame by frame adalah tempat kita mengatur animasi bagian yang dikelompokkan dalam suatu layer
b. motion guide adalah gerakan dari suatu posisi ke posisi lain
c. motion guide adalah suatu perntah yang digunakan untuk menggerakkan symbol di jalur yang sudah di tetapkan seperti kurva atau lingkaran
d. perubahan warna adalah animasi yang bergeraj dan berubah warna dari frame ke frame
e. objek berputar adalah animasi yang bergerak berputer pada suatu lintasan tertentu
f. shape tween adalah untuk membuat suatu bentuk tampak berubah menjadi bantuk lain daei waktu ke waktu
g. mask adalah mengungkapkan sebagian dari gambar atau grafik di lapisan bawah dengan mengikuti gerakkan kursor
2. mengatur frame rate yang berpengaruh pada seluruh flash movie, buka properties panel (windows – properties atau tekan Ctrl+F3), buka panel properties, anda dapat melihat “FPS” dan frame rate. FPS adalah akronim dari “frame persecond”. Klik pada jumlah dan masukkan frame rate yang anda butuhkan
Frame rate sekarang telah berubah
3.- langkah1 : buka orient to path
- langkah2 : klik pada keyframe pertama dari layer arrow dan contreng kotak timur untuk path
- langkah3 : komando kembali untuk membuktikan diri sendiri
Diposkan oleh Nurul Rizki Satria di 21:27 0 komentar
Apa yang anda ketahui tentang Strukture control pada PHP?
1. Apa yang anda ketahui tentang Strukture control pada PHP?
2. Tuliskan bentuk umum dari Struktur Kontrol?
3. Berikan contoh sederhana dari Struktur Kontrol; FOR!
Jawab:
1. Struktur control adalah inti dari ligika pemrograman, secara mendasar ada 3 struktur control, yaitu:
- Sequence atau urutan
- Selection atau pilihan
- Iteration atau pengulangan
2. – IF
If (ekspresi){
Perintah1;
Perintah2;

}
- IF…ELSE
If (ekspresi1){
Perintah1;
Perintah2;

}
Elseif(ekspresi2){
Perintah3;
Perintah4;

}
- SWITCH
Switch($variabel){
Case nilai;
Perintah_jika_nilai;
Break;

[default:
Perintah_untuk_nilai_default;
]
{
@WHILE
While (ekspresi){
Perintah1;
Perintah2;

]
While(ekspresi);
@FOR
For(nilai_awal; syarat_terjadinya_loop; inc_atau_dec)
{
Perintah1;
Perintah2;

}
3. For ($i=1;$i=10;$i++){
Print $i;
}
?>



tambahan:
Java Script adalah suatu bahasa script yang ditempelkan pada kode HTML dan diproses pada sisi klien, sehingga dokumen HTML tersebut menjadi lebih luas, java script ini memiliki bahasa dengan karakteristik yang terbatas dank ode program bias diakses

Editor Text VI di Linux

Editor VI merupakan editor berbasis text yang banyak digunakan pemakai UNIX. Pemakai dapat mengedit text dan menggerakkan kursor ke bagian layar yang ingin diedit. Hampir semua distro memiliki dukungan pada editor ini.vi merupakan editor Linux yang berbasis text mode,artinya semua skrip atau naskah yang ada dapat di tulis pada halaman editor vi.

Semua perintah yang di gunakan oleh vi berupa text mode,jadi pada editor vi semua standarnya menggunakan perintah di bawah console.Program yang menyamai editor vi adalah vim.Perbedaan ,pada editor vim Anda akan mendapatkan halaman vi berwarna.
Menjalankan vi,semua user ,baik super user,maupun user biasa ,dapat menggunakan editor vi,Anda dapat menjalankan editor ini langsung dari prompt ,yaitu dengan menuliskan perintah vi dan diikuti oleh nama file yang akan digunakan.Perintah sitaks berikut : vi atau vim , perintah ini sebenarnya juga dapat membuka file yang ada.Perintah vi yang diikuti nama file akan membuka file jika file tersebut memang ada .Perintah diatas juga akan membentuk sebuah file apabila file yang di tunjuk tidak ada.

Mengapa Menggunakan Vi

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda menggunakan Vi :
•Vi umumnya tersedia di setiap sistem UNIX, sehingga bila anda menguasai Vi, maka akan menjadi mudah dalam melakukan tugas pengeditan di setiap sistem UNIX.
•Vi bersifat free, anda bebas menggunakannya dan melihat source codenya.
•Vi dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda, karena tersedia file konfigurasinya.
Bila anda masih belum puas, mungkin anda dapat merubah source codenya sesuai kebutuhan anda.
•Vi berukuran jauh lebih kecil daripada editor Emacs.

1. Dua Mode Pada Editor VI

Hal pertama yang perlu diketahui oleh pemakai adalah bahwa editor VI memiliki dua modus, yaitu :

1. Command mode (mode perintah) : Modus perintah dapat digunakan untuk memasukkan perintah-perintah untuk memanipulasi teks dan file. Perintah-perintah ini biasanya terdiri dari satu atau dua buah karakter.
2. Insert mode (mode penyisipan) : digunakan untuk melakukan pengetikan teks.

Pada saat pertama kita memulai editor VI, kita langsung berada pada mode perintah. Perintah untuk memasuki mode penyisipan adalah ketik huruf i. Bila kita menekan tombol [Escape], maka kita akan kembali ke mode perintah. Sedangkan penekanan [Escape] pada mode perintah tidak akan mangakibatkan kita keluar dari mode perintah.

2. Memulai Editor VI

Dengan menggunakan editor VI, kita dapat membuat file baru atau mengedit file yang sudah ada.
Perintah untuk memulai editor VI adalah vi nama_file. Contoh:
>vi contoh.txt
Jika file dengan nama contoh.txt sudah ada maka berarti editor vi membuka file tersebut dan isinya ditampilkan di layar. Jika tidak ditemukan file dengan nama contoh.txt, maka berarti editor vi akan membuat file baru dengan nama contoh.txt ( sesudah kita memberikancommand :w yang artinya save to file ).
Pada layar akan terdapat baris-baris yang diawali dengan tanda tilde (~), yang menunjukkan baris tersebut belum pernah digunakan oleh pemakai. Editor VI bisa juga dimulai tanpa menyertakan nama_file, tetapi nama_file ini harus dimasukkan pada saat menyimpan pekerjaan ke file.

3. Beberapa Perintah Pada Modus Perintah

Penjelasan tentang perintah-perintah pada modus perintah akan dibagi dalam beberapa bagian, sbb :

3.1. Menggerakkan Kursor

Di bawah ini adalah perintah-perintah yang dapat digunakan untuk menggerakkan kursor pada modus perintah.
Perintah Keterangan
l , panah kanan atau spasi ke kanan 1 karakter
h atau panah kiri ke kiri 1 karakter
j atau panah bawah ke bawah 1 baris
k atau panah atas ke atas 1 baris
:0 atau 1-Shift-G Ke baris pertama
:$ Ke baris terakhir
nG Ke baris ke n
0 Awal baris
$ Akhir baris

3.2. Menghapus Teks

Di bawah ini adalah perintah-perintah yang dapat digunakan untuk menghapus teks dari mode perintah.
Perintah Keterangan
x menghapus karakter pada posisi kursor
X menghapus karakter disebelah kiri kursor
dd menghapus satu baris pada posisi kursor
d [Enter] menghapus dua baris, baris pada posisi kursor dan baris berikutnya
d0 menghapus dari awal baris sampai tepat sebelum posisi
kursor
d$ menghapus dari posisi kursor sampai akhir baris

dd adalah perintah untuk menghapus satu baris. Untuk menghapus 3 buah baris tanpa harus memasukkan perintah dd sebanyak 3 kali dapat digunakan : 3dd.

3.3. Copy dan Paste Teks

Beberapa perintah dapat diulang beberapa kali dengan menambahkan jumlah pengulangan di depan perintah. Sebagai contoh, jika ingin copy dan paste beberapa baris langsung gunakan langkah langkah berikut:

1. tempatkan kursor pada posisi line yang akan dicopy.
2. contoh jika ingin copy 3 baris, gunakan command 3yy ( tekan angka 3 diikuti tombol y sebanyak 2x)
3. tempatkan posisi kursor pada tempat yang akan di insertkan dan kemudian tekan p.
sesudah tekan p

3.4. Membatalkan Perubahan

Jika kita melakukan kesalahan menghapus tanpa sengaja, kita dapat memperbaikinya dengan menggunakan perintah u atau U.

Perintah u digunakan untuk membatalkan perubahan terakhir yang dilakukan oleh pemakai,
perintah U digunakan untuk membatalkan seluruh perubahan pada satu baris

3.5. Mencari String

Editor VI memiliki dua jenis pencarian, yaitu : string dan karakter. Untuk pencarian string, perintah yang digunakan adalah perintah / dan ?. Pada saat kedua perintah ini digunakan, perintah yang diketikkan akan muncul dibagian bawah layar, tempat kita mengetikkan string yang ingin dicari.
Kedua perintah ini berbeda hanya pada arah pencarian yang akan dilakukan. Perintah / mencari ke arah bawah, sedangkan perintah ? mencari ke arah atas dari file. Perintah n dan N digunakan untuk melanjutkan proses pencarian yang sebelumnya. Perintah n akan mencari dalam arah yang sama, sedangkan perintah N akan mencari dalam arah yang berlawanan.
Untuk melakukan pencarian suatu kata tertentu ( fixed ), bisa digunakan command seperti contoh berikut:
/\

artinya command ini hanya akan mencari string dengan nilai de saja, nilai desa, pakde, Denada akan diabaikan.
3.6. Mengganti string

Kita bisa juga melakukan penggantian satu string pada suatu file secara serentak atau biasa disebut Replace-all. Dengan menggunakancommand ( tentu pada mode perintah ) :

:1,7s/balon/mobil/g

yang artinya kita ingin mengganti kata balon menjadi mobil mulai dari baris ke 1 sampai baris ke 7.

3.7. Pindah Layar

Editor VI juga menyediakan perintah-perintah untuk berpindah layar dengan cepat tanpa harus menggerakkan kursor perbaris. Perintah-perintah tersebut adalah :
Perintah Keterangan
trl-b berpindah r sebelumnya satu layar
ctrl-d Turun setengah bagian layar
ctrl-f Turun satu bagian layar
line no. G memindahkan kursor ke line tertentu
Ctrl-j naik setengah bagian layar

3.8. Command tambahan

Masih terdapat banyak command dan masing masing kegunaannya pada editor Vi. Berikut ini beberapa command tambahan yang sering saya gunakan :

:!ls akan me-list isi current directory saat itu (tanpa keluar dari editor VI). Untuk kembali ke editor VI, tekan Enter.
:sh adalah command untuk meninggalkan editor VI untuk sementara untuk melakukan beberapa perintah shell. Gunakan ctrl-d untuk kembali ke editor Vi.
:r namafile adalah command untuk menyisipkan isi file namafile kedalam file yang sedang kita buka.
4. Keluar Dari Editor VI

Untuk meninggalkan editor VI, ada beberapa perintah yang bisa digunakan. Semua perintah ini harus dimasukkan dari modus perintah ( sesudah tekan Esc)
Command Keterangan
:q [Enter] Keluar dari editor VI, hanya jika tidak ada modifikasi pada file.
ZZ Keluar dari editor VI dan menyimpan modifikasi terakhir ke file
:wq [Enter] Keluar dari editor VI dan menyimpan modifikasi terakhir ke file
:x [Enter] Keluar dari editor VI dan menyimpan modifikasi terakhir ke file
:q! [Enter] Keluar dari editor VI tanpa harus menyimpan ke file
Untuk menyimpan ke file tanpa keluar dari editor VI, gunakan perintah :w [Enter].