Senin, 21 Februari 2011

macam2 Text Editor Pada Linux

Teks editor berfungsi untuk membuat sebuah file teks dimana teks tersebut bisa berupa teks biasa atau sebuah skrip. Di Linux terdapat beberapa paket program yang berfungsi sebagai teks editor, seperti vi, vim, emac, gedit dll. Namun secara umum teks editor dibagi menjadi dua jenis, yang pertama teks editor berbasi shell, dan yang kedua berbasis GUI.

Teks editor yang terdapat pada linux diantaranya (selain Vi dan Vim):

Emacs
Emacs adalah kelas kaya fitur-editor teks, biasanya dicirikan oleh mereka diperpanjang. Pembangunan dimulai pada pertengahan 70-an dan sampai 2008, masih aktif. . Emacs editor teks yang paling populer dengan ahli teknis komputer pengguna dan pemrogram komputer.. Yang paling populer adalah v ersi Emacs GNU Emacs, merupakan bagian dari proyek GNU, yang umumnya hanya disebut sebagai "Emacs".
GNU Emacs manual menjelaskan itu sebagai "diperpanjang, disesuaikan, sendiri-dokumentasi, real-time layar editor.". Hingga September 2008, rilis stabil terbaru dari GNU Emacs adalah versi 22,3.
Selain dari GNU Emacs, lain versi Emacs yang digunakan adalah XEmacs, yang merupakan fork dari GNU Emacs dimulai pada tahun 1991. XEmacs tersebut tetap kebanyakan kompatibel dan terus menggunakan ekstensi bahasa yang sama, pelat Emacs, sebagai GNU Emacs. Hampir semua GNU Emacs dan XEmacs ditulis dalam pelat Emacs, sehingga diperpanjang dari Emacs' fitur yang mendalam.
Asli Emacs adalah satu set Editor macro untuk supernovidades editor. Ia ditulis pada tahun 1976 oleh Richard Stallman, pada awalnya bersama Guy L. Steele, Jr. [1] Ia terinspirasi oleh ide-ide dari TECMAC dan TMACS, sepasang supernovidades-editor makro yang ditulis oleh Steele, Dave Bulan, Richard Greenblatt , Charles Frankston, dan lain-lain.
Dalam Unix budaya, Emacs adalah salah satu dari dua utama contenders tradisional di editor perang, yang lain sedang vi. Perkataan "emacs" sering pluralized sebagai emacsen, secara perbandingan dengan boxen (sendiri digunakan oleh analogi dengan oxen) dan VAXen.


Acme
Acme adalah editor teks dan grafis shell dari Plan 9 dari Bell Labs sistem operasi, yang dirancang dan dilaksanakan oleh Rob Pike. Ia dapat menggunakan sam perintah bahasa.. Rancangan antarmuka telah dipengaruhi oleh Oberon.. Hal ini berbeda dari mengedit lain di lingkungan yang bertindak sebagai 9P server. Sebuah keistimewaan dari elemen antarmuka pengguna adalah mouse chording.

Acme dapat digunakan sebagai mail dan pembaca berita, atau sebagai Frontend wikifs. Aplikasi ini dapat dimungkinkan oleh komponen eksternal berinteraksi dengan file Acme melalui sistem antarmuka.

ActiveState Komodo

ActiveState Komodo adalah nama yang diberikan kepada sebuah keluarga terpadu pembangunan lingkungan (IDE) yang dihasilkan oleh aplikasi perangkat lunak perusahaan ActiveState.

IDE Komodo
Komodo IDE adalah IDE untuk bahasa pemrograman dinamis dibangun pada Mozilla platform. Ia mendukung bahasa dinamis, termasuk JavaScript, Perl, PHP, Python, Ruby, dan Tcl; kerangka susunan seperti Ruby pada rel dan CakePHP; dan perpustakaan klien seperti Yahoo! UI Library and Dojo . Perpustakaan UI dan Dojo.
ActiveState ditambahkan browser sisi dukungan di Komodo IDE 4.0, termasuk debugging, DOM penampil, katalog dukungan, Inspektur HTTP, dan intelijen untuk kode bahasa seperti JavaScript, CSS, HTML, dan XML, memungkinkan pemrogram untuk mengedit dan debug Ajax kode dan multi - bahasa file. Komodo IDE, meskipun tidak Open Source, adalah diperpanjang menggunakan standar Mozilla API berdasarkan XUL, XBL, dan XPCOM, ditambah Python dan JavaScript. Komodo

Komodo Edit
Komodo Edit adalah gratis editor teks dinamis untuk program bahasa yang diperkenalkan pada Januari 2007. Dengan rilis versi 4.3, Komodo Edit dibangun di atas Buka Komodo proyek.
Komodo Edit inherits banyak fitur dari Komodo IDE, seperti yang lengkap bahasa yang didukung (Perl, PHP, Python, Ruby, Tcl) dan platform (Linux, Mac OS X, dan Windows). Komodo Edit juga mendukung browser sisi bahasa seperti JavaScript, CSS, HTML, dan XML.
Ini dikembangkan untuk pemrogram yang membutuhkan multi-bahasa editor dengan fungsionalitas luas, tetapi bukan fitur dari sebuah IDE, seperti debug, DOM penampil, interaktif kerang, dan sumber kode kontrol integrasi. IDE juga tersedia untuk Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows platform.

Bluefish (editor teks)
Bluefish adalah perangkat lunak bebas / open source editor teks untuk POSIX-Penetapan sistem operasi seperti Linux dan Mac OS X. Yang cocok untuk digunakan adalah banyaknya program dan bahasa markup, dengan fokus khusus pada mereka gunakan untuk pengembangan Web.
Bluefish membutuhkan The Gimp Toolkit (GTK). The LaTeX editor Winefish didasarkan pada Bluefish.

Diakonos
Diakonos adalah disesuaikan, bermanfaat kutukan berbasis (konsol berbasis, atau berbasis teks) editor teks. Ia dikembangkan dengan niat yang lebih mudah untuk mengkonfigurasi dan menggunakan dari Emacs, lebih hebat dari Pico dan Nano, dan tidak seperti samar-samar sebagai vi atau ex.
Diakonos menggunakan umum Macintosh / Windows jalan pintas keyboard - Ctrl-C untuk menyalin, Ctrl-V untuk paste, Ctrl-O untuk membuka file, Ctrl-S untuk menyimpan dan sebagainya, bukan lebih idiosyncratic kunci kombinasi yang digunakan oleh sebagian besar lainnya konsol berbasis ed itor.
Diakonos adalah Ruby program, dan oleh karena itu kebutuhan Ruby diinstal.
Fitur
• script dalam bahasa apapun
• makro dan pemutaran rekaman
• multi-elemen clipboard
• multi-tingkat membatalkan
• diurai ( "pintar") lekukan
• disesuaikan multi highlight sintaks, dengan dukungan untuk embedded bahasa (misalnya PHP, eRuby, Javascript)

Eddie
Eddie adalah editor teks yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1997 untuk BeOS, dan kemudian porting ke Linux dan Mac OS X. Ianya ditulis oleh Pavel CĂ­sler, sebelumnya pernah menjadi pengembang senior di Jadilah, yang kemudian bekerja untuk Eazel dan saat ini bekerja untuk Apple dan terus untuk mengembangkan Eddie sebagai peliharaan proyek, sekarang di Mac OS X. Terinspirasi oleh klasik Macintosh 'Macintosh Programmer Lokakarya editor, itu terutama ditujukan untuk bekerja dengan C dan C + + pembangunan. Namun, Eddie warna untuk mendukung sintaks HTML, JavaScript, .kon / .widget, Perl, dan banyak format lain. Eddie yang mendukung Worksheet - menyediakan baik ditunjuk shell yang memungkinkan kuasa bash dan kenyamanan dalam normal penyuntingan teks mode jendela.

Geany
Geany sangat ringan berat-lintas-platform GTK + editor teks berdasarkan sedikit dengan dasar Integrated Development Environment (IDE) fitur. Perangkat ini dirancang untuk memiliki ketergantungan ter batas pada paket terpisah pendek dan beban kali. Tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, Mac OS X , BSD dan Solaris. Di antara yang didukung bahasa pemrograman yang (menurut dokumentasi) C, Java, JavaScript, PHP, HTML, CSS, Python, Perl, Pascal dan Haskell.
adalah salah satu yang lebih lengkap dengan fitur editor pada platform Linux, paling Linux sebagai editor mengadopsi filosofi yang lebih minimalis. Hal ini mirip dengan Windows editor seperti NoteTab atau konteks.
Fitur
• Auto-complete Auto-lengkap
• Multiple document support Beberapa dokumen dukungan
• Project support Proyek dukungan
• Syntax highlighting Syntax highlight
• Code folding Kode lipat
• Symbol lists Lambang daftar
• Embedded terminal Embedded terminal


Gedit

gedit adalah perangkat lunak bebas, UTF-8 kompatibel editor teks untuk lingkungan desktop GNOME Hal ini terutama dirancang untuk mengedit kode program, dan teks terstruktur, seperti bahasa markup. Perangkat ini dirancang untuk memiliki bersih, sederhana grafis antarmuka pengguna sesuai dengan filosofi GNOME proyek

Fitur
Untuk berbagai program dan kode markup format teks, termasuk gedit highlight sintaks dan GUI tab untuk mengedit beberapa file. Tab dapat dipindahkan antara berbagai jendela sebagai sesuai dengan sandi. Ini jauh dapat mengedit file dengan diimplementasikan pada GNOME VFS perpustakaan. Ia mendukung penuh langkah dan membatalkan sistem serta mencari dan mengganti. Lain-lain khas kode berorientasi fitur termasuk nomor baris, mengurung pencocokan, rata teks, highlight baris saat ini dan otomatis file cadangan. Seperti Mei 2008 gedit kekurangan kemampuan memecah jendela dan melihat satu file oleh beberapa jendela, yang lain fitur umum dari program editor teks.
Beberapa fitur canggih gedit multilanguage meliputi pemeriksaan ejaan dan fleksibel plugin sistem yang memungkinkan untuk secara dinamis menambahkan fitur baru, misalnya potongan dan integrasi dengan aplikasi eksternal termasuk terminal. [2]
arsitektur
Dirancang untuk X Window System, gedit menggunakan GTK + 2.0 dan GNOME 2.0 perpustakaan. GNOME integrasi termasuk drag and drop antara Nautilus,


jEdit
jEdit adalah editor teks untuk pemrogram, tersedia di bawah GNU General Public License. jEdit ditulis di Jawa dan berjalan pada Linux, Mac OS X, OS / 2, Unix, VM, dan Windows.
Fitur
jEdit termasuk Sintaks highlight asli yang me mberikan dukungan untuk lebih dari 130 format file. Untuk mendukung format tambahan dapat ditambahkan secara manual menggunakan XML fileIa mendukung UTF-8 encodings dan banyak lainnya.
Aplikasi ini sangat disesuaikan dan dapat diperpanjang dengan macro yang ditulis dalam BeanShell, Jython, JavaScript dan beberapa lainnya bahasa script. GNOME manajer file. Untuk dokumentasi gedit menggunakan GNOME membantu sistem, virtual file sistem, dan pencetakan kerangka [3], yang memungkinkan dicetak kembali, selain GNOME standar sistem pencetakan.


JOE
JOE atau Joe's Memiliki Editor adalah terminal berbasis editor teks untuk sistem Unix, tersedia di bawah GPL. Perangkat ini dirancang untuk mudah digunakan.
JOE terpadu termasuk membantu sistem peringatan dan bagaimana untuk mendapatkan bantuan selalu pada layar. Tombol urutan di JOE adalah serupa dengan WordStar dan Turbo C: banyak adalah kombinasi dari tombol kontrol dan tombol lain, atau kombinasi Ctrl + K dan tombol lain, atau kombinasi dari Escape tombol dan tombol lain. Sejumlah pengaturan juga tersedia melalui Ctrl + T . Program ini umumnya disesuaikan luas melalui file konfigurasi, warna dan mendukung highlight sintaks populer untuk berbagai format file, fitur yang juga dapat diatur.
JOE datang dengan file makro yang membantu ia berusaha Emacs (ketika invoked sebagai jmacs; walaupun tidak pelat programmability dari Emacs), Pico (ketika invoked sebagai jpico), atau WordStar (ketika invoked sebagai jstar). Ada juga yang berlainan disebut "rjoe", yang dibatasi dalam satu yang memungkinkan untuk mengedit file hanya ditentukan pada baris perintah (yang dapat berguna untuk menegakkan prinsip paling hak istimewa).
JOE adalah editor default di awal beberapa distribusi Linux, yang telah menyebabkan ia menjadi populer di kalangan tertentu. Hal ini termasuk sebagai salah satu pilihan pada saat ini sebagian besar distribusi Linux. Pengembangan siklus dihentikan untuk sementara ketika versi 2,8 ini dirilis oleh Yusuf Allen pada tahun 1995. Pembangunan yang telah diambil alih oleh kelompok baru bagi kita semua pada tahun 2001, dipimpin oleh Marek Grac, yang dirilis 2,9 dan beberapa versi terbaru, memperkenalkan standar membangun sistem dan pemasangan banyak bug. Allen kembali ke proyek pada tahun 2004 dan merilis versi 3.0, yang memperkenalkan dan mendukung highlight sintaks untuk UTF-8.

Kate
Kate adalah editor teks untuk KDE. The acronym "Kate" stands for " K DE a dvanced t ext e ditor". The akronim "Kate" singkatan dari "K DE yang dvanced t e ditor ext".
Kate has been part of the kdebase package since KDE release 2.2 ( August 15 , 2002 ). Kate telah bagian dari kdebase paket KDE sejak rilis 2.2 (15 Agustus 2002). Because of the KParts technology which is part of KDE, it is possible to embed Kate as an editing component in any other KDE application. Karena dari KParts teknologi yang merupakan bagian dari KDE, ada kemungkinan untuk embed Kate sebagai mengedit komponen dalam aplikasi KDE lain. The integrated development environment KDevelop and the web development environment Quanta Plus are two of the major KDE applications that make use of Kate as an editing component. Terpadu pembangunan lingkungan KDevelop web dan pembangunan lingkungan Quanta Plus adalah dua utama KDE aplikasi yang menggunakan Kate mengedit sebagai komponen.
fitur termasuk:
• Syntax highlight mesin, diperpanjang melalui XML file
• Cari dan ganti teks menggunakan ekspresi reguler
• MDI, memecah jendela, jendela tabbing
• CR, CRLF, LF newline dukungan
• kolom pilihan (alias blok pilihan)
• Encoding support (UTF-8, UTF-16, ascii dll)
o Kolom pilihan
• Kode lipat kemampuan untuk Java, C + +, C, PHP, Python dan lain-lain.
• Shell integrasi
• Jauhkan beberapa dokumen terbuka di satu jendela
• Bernama sesi dukungan (dikenal sebagai "proyek" KDE sebelum versi 2.5)
• Tarik dan lepaskan mengedit teks
• Interpuncts digunakan untuk menunjukkan karakter ruang
• HTML ekspor
• Plugin arsitektur untuk aplikasi dan komponen editor, termasuk:
o Dasar kata selesai
o pemeriksaan ejaan
• Wide mendukung protokol (http, ftp, ssh, WebDAV dll)
• Customizable pintas
• Scriptable menggunakan JavaScript (KDE 3.5)
Kate dibangun menggunakan KatePart widget di KDE yang menyediakan massal dari aplikasi 'mengedit dukungan.



KWrite
KWrite adalah editor teks ringan untuk K Desktop Environment (KDE).
Dalam KDE 2.x, KWrite tidak menggunakan KParts teknologi, yang memungkinkan Menanamkan satu aplikasi ke yang lain. Kemudian, KWrite telah rewritten untuk menggunakan teknologi ini. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih, misalnya, Vim akan melekat KWrite Pilihan lain termasuk Qt Designer berbasis editor teks dan KDE lanjutan teks editor (KATE). Yang terakhir adalah pilihan default, dan membuat penggunaan Kate editor teks.
Fitur
• ekspor ke HTML, PDF, PostScript
• Pilihan mode blok (lihat foto layar)
• Kode lipat
• Penunjuk
• Syntax highlight
• Encoding pilihan
• Akhir-dari-baris modus pilihan (Unix, Windows, Macintosh)
• Kata selesai
MicroEMACS
MicroEMACS adalah kecil, portabel Emacs-seperti editor teks awalnya ditulis oleh Dave Conroy pada tahun 1985, dan selanjutnya dikembangkan dan dipertahankan oleh Daniel Lawrence. MicroEMACS telah porting ke banyak sistem operasi, termasuk MS-DOS, Microsoft Windows, VAX / VM, AmigaOS dan berbagai sistem operasi mirip Unix.
Varian MicroEMACS juga ada, seperti MicroGNUEmacs (yang kemudian diganti mg), yang lebih GNU Emacs-editor kompatibel. Banyak hubungan ke vi juga dapat ditemukan di MicroEMACS. Vi klon yang keji itu berdasarkan sekitar versi lama MicroEMACS.
Linus Torvalds menggunakan sebuah versi uEmacs / PK 4.0.15. Versi ini telah disesuaikan dengan Petri H. Kutvonen dari MicroEMACS 3.9e.
Midnight Commander
GNU Midnight Commander (mc) adalah bebas lintas-platform file manager ortodoks dan clone dari Norton Commander.
Midnight Commander merupakan aplikasi konsol dengan teks antarmuka pengguna. Utama antarmuka terdiri dari dua panel yang menampilkan file sistem. It Digunakan dengan cara yang mirip dengan banyak program lain berjalan di Unix shell. Tombol panah kontrol file pilihan, memasukkan kunci yang digunakan untuk memilih file dan Fungsi Tombol melakukan operasi seperti nama, mengedit dan menyalin file. Versi terbaru dari Midnight Commander juga memiliki mouse lebih mudah untuk mendukung operasi. Tersebut adalah versi menyadari GPM dan X terminal Emulator yang mendukung mouse pelaporan. Bila berjalan di dalam terminal X, versi ini dapat memperbarui nama jendela yang di Midnight Commander berjalan (jika diperbolehkan oleh terminal emulator).
Midnight Commander's fitur termasuk kemampuan untuk melihat isi PPJ paket file, untuk bekerja dengan format sebagai arsip umum jika mereka hanya direktori lain, dan untuk fungsi sebagai FTP atau IKAN klien. Midnight Commander juga termasuk disebut editor mcedit. mcedit's menyertakan fitur highlight sintaks untuk bahasa tertentu, dan kemampuan untuk bekerja di kedua ASCII dan guna-guna modePengguna juga memiliki pilihan untuk mengganti dengan editor mcedit mereka pilihan (Pilihan Menu> Konfigurasi> [Jangan] Internal Gunakan Edit).
Midnight Commander juga dapat mengubah nama grup file, tidak seperti beberapa manajer file yang hanya dapat mengubah nama file pada satu waktu. Hal ini nyaman untuk memanipulasi koleksi file besar, misalnya untuk membuat mereka untuk memenuhi baru penamaan. Midnight Commander juga dapat memindahkan file yang berbeda untuk direktori pada saat yang bersamaan karena nama mereka. Hal ini memungkinkan pengguna menentukan asli dan nama file yang dihasilkan menggunakan karakter wildcard. Hal ini membuat daya ekspresi reguler di Unix atau Linux tersedia untuk mengganti nama file, yang nyaman dengan user interfaceSelain itu, pengguna dapat memilih apakah atau tidak untuk memanfaatkan "shell pola" (otomatis dari kelompok wildcard). Semua fitur tersebut tersedia dengan menggunakan File> Ubah nama / Pindah menu pilihan. (Menekan F1 maka akan menghasilkan sebuah penjelasan singkat dari pilihan, termasuk contoh bagaimana untuk menggunakan wildcard.)
Midnight Commander sekarang termasuk dalam sebagian besar distribusi Linux dan berlisensi di bawah Lisensi Publik Umum GNU.
Ini sangat populer di Linux karena yang berdasarkan teks antarmuka serbaguna, seperti ncurses atau S-Lang, yang memungkinkan untuk bekerja pada sebuah konsol biasa, di dalam X Window terminal, melalui SSH sambungan dan semua jenis kerang jauh.

nano
nano adalah sebuah kutukan berbasis editor teks untuk Unix dan Unix-seperti sistem. Ini merupakan tiruan dari Pico, editor dari Pine klien email. nano bertujuan untuk meniru fungsionalitas dan mudah digunakan antarmuka dari Pico, tetapi tanpa ketat mailer integrasi dari Pine / Pico paket. Nano ad alah perangkat lunak bebas. Dengan rilis versi 2.0.7 yang telah berubah dari lisensi GPLv2 ke GPLv3.
nano, seperti Pico, adalah keyboard-berorientasi, dikontrol dengan tombol kontrol. Misalnya, Control-O menyimpan file saat ini; Control-W pergi ke menu pencarian. nano meletakkan dua baris "jalan pintas bar" di bagian bawah layar, banyak dari daftar perintah yang tersedia saat ini dalam konteks. Untuk daftar lengkap, Control-G mendapat bantuan layar.
Tidak seperti Pico, nano menggunakan meta kunci untuk Toggle dengan perilakuMeta-S berganti lancar dan bergulir pada mode off. Hampir semua fitur yang dapat dipilih dari baris perintah dapat secara dinamis toggled.

ne
ne (untuk "nice editor") adalah konsol editor teks untuk POSIX komputer seperti sistem operasi Linux atau Mac OS X. menggunakan termcap perpustakaan, atau perpustakaan seperti ncurses yang menyediakan antarmuka y ang. Ada juga yang Cygwin versi. Ia dikembangkan oleh Sebastiano Vigna University of Milan, Italia
ne ini dimaksudkan untuk memberikan alternatif untuk vi yang akan lebih akrab modern untuk pengguna dan masih akan portabel di seluruh POSIX-persyaratan sistem operasi. Umum menggunakan jalan pintas keyboard seperti Ctrl-Q untuk keluar dan Ctrl-O untuk membuka sebuah file, bukan multi-modus perintah struktur vi. Memiliki dukungan penuh untuk UTF-8, ekspresi reguler dan binari bersih.
ne pada awalnya dikembangkan pada Amiga dan terinspirasi oleh platform yang TurboText's editor, yang ditulis oleh Martin Taillefer. Pembangunan kemudian dipindahkan ke Linux. Todd Lewis bergabung dengan tim pengembangan, sumbangan kode wrote dia untuk menambahkan fitur yang diperlukan di Universitas North Carolina di Chapel Hill.
NEdit
NEdit, yang Nirwana editor, merupakan editor teks dan editor kode sumber untuk Sistem X Window. Ia mempunyai antarmuka yang mirip dengan teks editor pada Microsoft Windows dan Macintosh, daripada lama untuk UNIX editor seperti Emacs. Hal ini pada awalnya dikembangkan oleh Mark Edel untuk Fermilab dan dirilis di bawah lisensi terbatas, tetapi sekarang ini didistribusikan di bawah GNU General Public License (ditambah Motif ayat ¹), dan dikembangkan sebagai independen open source proyek oleh tim pengembang. Nedit was also distributed with IRIX operating system. Nedit juga didistribusikan dengan IRIX sistem operasi.
NEdit diperpanjang adalah melalui C-makro seperti bahasa, dan fitur otomatis lekukan dan highlight sintaks untuk berbagai bahasa komputer. NEdit dapat juga proses tag file yang dihasilkan menggunakan perintah Unix ctags atau bergairah Ctags program.
User interface yang dibangun menggunakan Motif perangkat bantu, yang dibuat itu segera sukses dengan berbagai platform milik Unix yang menggunakan antarmuka pengguna perangkat bantu. Untuk versi open source sepenuhnya, alternatif LessTif perpustakaan dapat digunakan sebagai gantinya.


Pico
Pico adalah editor teks untuk Unix dan Unix-sistem berbasis komputer. Hotel ini terpadu dengan Pine e-mail client, yang dirancang oleh Kantor Komunikasi dan Komputasi di University of Washington.
Dari Pine FAQ: "Pi ne pesan bersama mposition editor juga tersedia sebagai terpisah berdiri sendiri-program, disebut Pico. Pico sangat sederhana dan mudah digunakan editor teks yang menawarkan ayat justifikasi, cut / paste, dan ejaan pemeriksa ... "
Pico tidak mendukung bekerja dengan beberapa file secara simultan dan tidak dapat melakukan menemukan dan mengganti berbagai file. Ia juga tidak dapat menyalin teks dari satu file ke lain (walaupun ada kemungkinan untuk membaca teks ke dalam editor dari file dalam direktori kerja). Pico juga mendukung pencarian dan mengganti operasi.
Pico interface dengan berbagai cara sangat mirip dengan yang ditemukan pada Windows editor, seperti Notepad. Dengan perbandingan, beberapa populer Unix editor teks seperti vi dan Emacs memberikan secara signifikan lebih besar daripada jumlah fitur Pico, termasuk ekspresi reguler pencarian dan mengganti dan bekerja dengan beberapa file pada saat yang bersamaanNamun, mereka umumnya sulit untuk mempelajari bagaimana cara menggunakannya.
Nano dikembangkan karena Pico's lisensi bukan merupakan perangkat lunak bebas lisensi, sejak distribusi dari versi perubahan kode secara tegas dilarang. Nano mencoba untuk meniru picocell dengan standar mengulangi lingkungan pengguna untuk digunakan. Namun nano dapat dikonfigurasi agar lebih bermanfaat. Nano dapat dikonfigurasi untuk menawarkan dukungan mouse, indentasi otomatis, pencarian ekspresi reguler dan bahkan sintaks highlight.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar